Langkah Tepat Proses Instalasi Sistem Perpipaan yang Perlu Anda Ketahui

Langkah Tepat Proses Instalasi Sistem Perpipaan yang Perlu Anda Ketahui

Bagaimana cara instalasi pipa air yang benar dan dapat kita pastikan tidak akan terjadi kebocoran setelahnya? Pipa air merupakan salah satu komponen yang sangat penting di dalam rumah atau bangunan lainnya. Sahabat Rucika tentunya membutuhkan pipa untuk menyalurkan air dari sumbernya. Yaitu pompa menuju ke tiap unit plumbing yang ada di rumah atau bangunan tertentu. Dengan demikian, pengerjaan instalasi pipa air tidak dapat sembarangan.

Sahabat Rucika perlu mengetahui cara instalasi pipa air yang tepat dan memahami sistem perpipaan atau yang biasa kita sebut dengan sistem plumbing. Berikut tahapan cara instalasi pipa air yang benar dan perlu perhatikan sebagai berikut:

1. Tentukan sumber air yang digunakan

Mungkin banyak yang tidak terlalu memperhatikan mengenai perbedaan air sumur dan PAM yang menjadi sumber air bersih untuk digunakan sehari-hari. Padahal, mengerti akan perbedaan air sumur dan PAM bisa membantu sahabat Rucika dalam menentukan mana sumber air bersih yang akan sahabat gunakan kelak jika membangun tempat tinggal sendiri.

Bahkan, memahami mengenai perbedaan air sumur dan PAM ini juga menjadi hal penting yang bisa memengaruhi keputusan ketika memilih lokasi yang akan sahabat jadikan tempat mendirikan bangunan. Sebab, jika sahabat Rucika memilih untuk menggunakan air sumur misalnya, maka perlu memahami kualitas air tanah dari lokasi calon tempat tinggal.

Hal tersebut tidak terlepas dari kondisi air sumur yang memang tidak melalui proses penyaringan ketika akan di konsumsi. Jika kondisi air lingkungan memang sudah cukup tercemar, maka apabila sahabat Rucika memaksakan menggunakan air sumur akan berbahaya bagi kesehatan. Itulah mengapa, untuk lingkungan yang sudah cukup tercemar seperti limbah pabrik, sangat disarankan menggunakan air PAM.

2. Buat model rancangan instalasi yang tepat

Dalam melakukan instalasi pipa air, sahabat Rucika perlu membuat model rancangannya terlebih dahulu dengan melihat situasi dan kondisi lingkungan beserta anggaran yang tersedia. Apakah ingin menggunakan instalasi sistem tertutup atau instalasi sistem terbuka.

Jika melihat dari sisi aliran air,  sistem instalasi tertutup lebih memiliki keuntungan. Sebab, air yang mengalir pada sistem ini cenderung rata atau sama pada setiap kerannya. Hal ini karena bentuk instalasi pada sistem tertutup saling terhubung pada semua sisinya. Artinya, tidak ada satupun pipa yang memiliki ujung pada satu bagian.

Baca Juga: Tips Pemasangan Instalasi Air Bersih

Sementara, pada instalasi terbuka ada beberapa aliran air yang memiliki ujung, atau bisa saja tidak semua pipa saling terhubung. Inilah yang menyebabkan tekanan air pada keran yang satu dengan yang lainnya bisa jadi berbeda. Lebih sulitnya lagi, jika sebuah saluran air tersumbat maka aliran pada saluran tersebut akan terhenti karena tidak terdapat supply dari saluran lainnya.

3. Tentukan posisi instalasi pipa

Ada dua metode pemasangan pipa yang biasa digunakan yaitu metode tanam atau tempel. Jika ingin melakukan instalasi dengan metode tanam, maka posisi untuk pemasangan pipa ini dapat kita tanam pada tanah atau dinding. Jika kita bandingkan dengan metode tempel, maka pipa akan dapat terlihat di sepanjang pinggiran tembok atau permukaan lantai, biasanya pipa yang kita tempel menggunakan bracket untuk merekatkan pada tembok.

Baca Juga: Syarat Instalasi Air Bersih yang Tepat

4. Pilih pipa dengan bahan yang berkualitas

Berbagai jenis pipa air dapat sahabat Rucika temukan dengan mudah di toko bahan bangunan saat ini seperti pipa PVC Rucika JIS tipe VP dan Rucika Standard tipe AW sebagai pipa air bersih bertekanan dengan 14 varian ukuran yang tentunya bisa pilih sesuai dengan kebutuhan instalasi pipa air.

Dengan sistem penyambungan pipa menggunakan solvent cement. Dengan proses solvent welding dapat mensenyawakan pipa dan fitting yang sedang kita sambungkan. Rucika memiliki RUGlue, lem pipa terbaik sebagai solusi sambungan pipa uPVC dengan kandungan VOC rendah dan juga bebas dari Toluena sehingga aman bagi kesehatan. 

Dengan memperhatikan beberapa langkah proses instalasi sistem perpipaan tersebut, akan lebih baik dan berkualitas untuk mendukung kualitas hidup.

Rucika, Kebanggaan Indonesia – Kualitas Dunia

JDW

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

  • There are no post to show.

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

 

 

Scroll to Top