Mengenal Grease Trap (Bak Lemak)

melihat sebuah kotak dibawah kitchen sink

Mungkin anda pernah melihat sebuah kotak dibawah kitchen sink dan bingung apa fungsi dari kotak tersebut? Apabila benar, mari kita bahas fungsi dan peranan kotak tersebut di sistem perpipaan rumah kita.

Bak atau kotak yang berada dibawah kitchen sink tersebut merupakan sebuah grease trap. Grease trap adalah sebuah wadah penangkap lemak dan minyak yang biasanya ada di air buangan dapur. Air buangan dapur yang mengandung minyak dan lemak harus segera dibersihkan sebelum masuk ke jalur perpipaan lebih lanjut. Hal ini dikarenakan minyak dan lemak biasanya akan menempel di dinding pipa dan lama kelamaan dapat menggumpal sehingga menyumbat jalur perpipaan. Mari mengenal Grease Trap (Bak Lemak) lebih lanjut dan bagaimana cara kerjanya

Mengenal Grease Trap

Sebuah grease trap biasanya terdiri dari dua sampai tiga buah bilik yang berhubungan. Air lemak akan masuk ke bilik pertama. Dibilik ini, kotoran padat/ sisa makanan yang tercampur di air akan disaring atau diendapkan di dasar bilik. Sedangkan minyak dan lemak akan terpisah dengan sendirinya dari air (mengapung) akibat massa jenisnya yang lebih ringan. Selanjutnya, air bersih akan berada di zona tengah dan dialirkan menuju bilik selanjutnya sebelum dibuang ke saluran pipa lanjutan menuju riol kota. Perlu diingat bahwa grease trap tidak bisa membersihkan dirinya sendiri, sehingga diperlukan pembersihan rutin saat lemak dan sisa makanannya sudah menumpuk.

Seiring perkembangan teknologi, grease trap juga mengalami berbagai evolusi. Dari yang dulunya terbuat dari beton bertulang yang dipendam di dalam tanah, berevolusi menjadi bak stainless steel yang anti karat yang bisa dipasang di atas dan bawah tanah, berevolusi lagi menjadi bak yang lebih kecil (portable) yang dilengkapi saringan untuk sisa makanan padat.

Perlu diingat pula, bahwa grease trap tidak dapat 100% membersihkan air buangan dari dapur. Sisa makanan dan minyak terkadang juga masih dapat lolos dan menyumbat pipa meskipun tidak sesering apabila tidak menggunakan grease trap. Oleh karenanya rumah masih memerlukan lubang akses perpipaan di beberapa titiknya. Lubang akses tersebut dapat diakomodir oleh Rucika Access Fitting sebagai bagian dari Rucika Hygienic System.

KAR

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

  • There are no post to show.

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

 

 

Scroll to Top