Pentingnya Pengunaan Standard Plumbing Dalam Sebuah Bangunan

Pentingnya Pengunaan Standard Plumbing Dalam Sebuah Bangunan

Mengingat pentingnya kebutuhan air bersih pada suatu bangunan maka perlu adanya perencanaan sistem distribusi air bersih ke seluruh bagian yang memerlukan air dengan debit dan tekanan yang sesuai. Dalam perancangan sistem distribusi air bersih dilakukan perencanaan terhadap volume tangki penampung air dan pompa dengan metode perkiraan penggunaan air berdasarkan jumlah penghuni, sedangkan dalam perencanaan sistem perpipaannya digunakan metode perkiraan kebutuhan air bersih berdasarkan Unit Beban Alat Plumbing (UBAP). Banyak desain bangunan yang tidak memiliki standar yang baik dalam hal perencanaan sistem air bersih dan air kotor, yang dikenal dengan istilah plumbing.

Plumbing adalah teknologi pemasangan pipa dan peralatannya untuk menyediakan air bersih dengan tekanan yang cukup dan disalurkan ke tempat yang dikehendaki, dan menyediakan sistem pembuangan air kotor dengan tanpa mencemari lingkungan sekitar sehingga tercipta kondisi higienis dan kenyamanan yang diinginkan. Secara keseluruhan instalasi sistem plumbing ini dilaksanakan di dalam bangunan yang kemudian dihubungkan dengan sistem saluran akhir yang berkaitan dengan instalasi air bersih dan instalasi air buangan.

Air yang telah diolah menjadi sia-sia jika bangunan tidak memiliki sistem plumbing yang baik. Bahkan air yang telah diolah dapat terkontaminasi oleh perlengkapan plumbing yang tidak memenuhi standar dan instalasi yang tidak sesuai dengan standard instalasi. Perlengkapan plumbing dan instalasi sistem plumbing yang tidak memenuhi standar juga berdampak buruk dan membahayakan orang misalnya  peningkatan kadar timbal pada perlengkapan plumbing dapat menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya, atau gas beracun dari saluran pembuangan dapat memasuki bangunan karena buruknya instalasi toilet/ bathtub/ wastafel, sehingga dapat menimbulkan gangguan pernapasan. Air yang melalui perlengkapan plumbing yang buruk dapat menyebarkan penyakit 88 persen kasus diare di seluruh dunia disebabkan oleh air yang tidak aman dikonsumsi dan sanitasi yang tidak memadai dan bersih.

Selain kebocoran atau kerusakan pada pipa dapat memicu asma dan alergi. Kerusakan pada sistem drainase juga dapat menyebarkan patogen berbahaya seperti SARS, dan atau sebagainya. Kerugian keuangan juga mungkin terjadi akibat kerusakan properti pada bangunan dan uang terbuang untuk memperbaiki serta mengganti komponen plumbing yang tidak memenuhi standard. Hal-hal kerugian tersebut dapat dihindari jika memilih produk plumbing yang sudah memiliki standard produksi dan standard aplikasi pemasangan, khusus dalam pemilihan pipa banyak sekali jenis dan fungsi aplikasi yang digunakan dalam sistem plumbing.

Seperti produk perpipaan yang diproduksi oleh PT Wahana Duta Jaya Rucika yang memproduksi berbagai jenis pipa untuk sistem plumbing baik air bersih dan air buangan. Salah satu jenis pipa yang diproduksi adalah RUCIKA JIS terbuat dari bahan polimer uPVC (unplasticized polyvinyl chloride) yang banyak sekali kelebihannya dibanding polimer plastik lainnya. Rucika JIS berstandard JIS (Japanese Industrial Standard) memiliki safety factor yang lebih tinggi dalam hal ketebalan pipa. Rucika JIS telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan instalasi pipa air minum dan air limbah di rumah-rumah maupun gedung bertingkat lebih dari 45 tahun yang lalu. Jenis pipa ini sangat cocok diaplikasikan untuk sektor resindesial dan bangunan tinggi bertingkat yang mengutamakan safety factor tinggi dalam hal sistem perpipaan.

JDW

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

  • There are no post to show.

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

 

 

Scroll to Top