Rucika Exoplas, Ringan Materialnya, Ringan Juga Biayanya

Rucika Exoplas, Ringan Materialnya, Ringan Juga Biayanya

Pembangunan infrastruktur air bersih terus digenjot oleh Pemerintah Indonesia bahkan di beberapa daerah menjadi prioritas utama pekerjaan Kementrian PUPR. Hal ini dikarenakan masih banyaknya masyarakat di Indonesia terutama di daerah pedesaan yang masih kesulitan mendapatkan air bersih. Padahal kita tahu bahwa air merupakan salah satu kebutuhan utama manusia yang harus terpenuhi setiap harinya, baik untuk minum, mandi dan sebagainya. Proses pekerjaan yang panjang dan biaya yang besar tentunya menjadi hal yang dapat menghambat pembangunan infrastruktur ini.

Dikerjakannya pembangunan jaringan perpipaan hingga masyarakat dapat menikmati air bersih tentunya melalui proses yang tidaklah mudah. Perlu dilakukan perencanaan yang matang dan konstruksi yang baik untuk mendapatkan air bersih yang berkualitas baik dan berkelanjutan. Dalam tiap prosesnya tentunya memerlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit, terutama pada tahap konstruksi. Pada umumnya tahap konstruksi merupakan tahap yang membutuhkan biaya paling tinggi.

Beberapa faktor yang dapat berpengaruh besar terhadap biaya konstruksi adalah jenis material pipa yang digunakan, metode penyambungan pipa dan lokasi proyek. Pipa dengan material plastik umumnya memiki harga yang lebih murah daripada pipa logam. Selain itu pipa plastik pun memiliki berat yang lebih ringan daripada pipa logam. Berat material pipa akan mempengaruhi proses mobilisasi dan proses instalasi. Pipa yang berat akan memerlukan manpower banyak bahkan memerlukan alat berat saat proses pengangkatan sehingga akan menambah biaya. Pipa plastik pun memiliki berat yang beragam tergantung bahan plastik apa yang digunakan dan spesifikasinya. Dibandingkan pipa plastik HDPE dan UPVC biasa, pipa PVC-O EXOPLAS memiliki berat yang jauh lebih ringan. Sehingga jauh lebih mudah untuk diangkat tanpa memerlukan bantuan alat berat. Bila proses mobilisasi material mudah seperti itu maka dimanapun lokasi proyek akan lebih mudah untuk dijangkau.

Selain jenis material pipa, metode penyambungan juga mempengaruhi biaya konstruksi. Contoh pada pipa HDPE, ada metode penyambungan yang mudah seperti menggunakan electro fitting tetapi harga material sambungannya cukup mahal. Namun ada metode yang menggunakan material sambungan lebih murah tetapi proses penyambungannya yang mahal dan memakan waktu lama. Kedua metode tersebut pun memerlukan aliran listrik dalam prosesnya, sehingga akan menyulitkan untuk diterapkan pada daerah yang jauh dari sumber listrik. Pada pipa PVC bisa menjadi lebih mudah karena hanya perlu mengoleskan solvent cement. Sedangkan yang paling mudah diantara semua metode itu adalah penyambungan dengan rubber menggunakan bantuan lubricant, seperti halnya RUCIKA EXOPLAS yang menggunakan rubbering Angerlock™. Dengan menggunakan rubbering Angerlock™ tidak hanya mudah tetapi dapat menghindari terpelintirnya rubbering dan sambungan dapat terkunci dengan baik, sehingga dapat mempercepat proses penyambungan dan menghindari rework dikarenakan kesalahan pemasangan. Kelebihan tersebut jelas dapat mereduksi biaya pada tahap konstruksi, sehingga dapat mengefisienkan anggaran biaya atau dengan biaya yang ada akan semakin banyak jaringan distribusi air bersih yang terpasang sampai ke pelosok Indonesia.

Alirkan air sampai ke pelosok negeri bersama RUCIKA EXOPLAS.

 

CFS

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog Terkait

BLOG

NEWS

  • There are no post to show.

TERBARU

rucika adalah perusahaan yang bergerak dalam menproduksi dan mengembangkan sistem pengaliran di indonesia dengan mode perpipaan. Untuk harga pipa air dari rucika sangat terjangkau keseluruh masyarakat indonesia.

 

 

Scroll to Top